Minggu, 27 Februari 2011

CARA MUDAH MENINGKATKAN MESIN MOTORMU

Seringkali muncul
pertanyaan, gimana sih
mas cara mudah bikin
motor lebih kenceng …?
Pertanyaan sederhana,
tapi jawabnya bingung
mau mulai darimana,
kalok dijawab diiket
tampar trus dicantolin ke
pesawat sih anak kecil
juga tau jawabnya Jadi
riset selama ini
menunjukkan ada
beberapa cara hemat,
mudah, ringkas untuk
dilakukan untuk
memperbaiki kinerja
mesin, bahkan
meningkatkan tenaganya.
Menambah kapasitas
mesin – Kapasitas mesin
lebih besar berarti lebih
bertenaga, bukan
berarti kapasitas kecil
ga bisa kencang, orang
yang bore up gila2an
aja kadang masih kalah
dengan yang
kapasitasnya lebih kecil
Tapi mengesampingkan
hal itu semua, untuk
motor harian,
meningkatkan kapasitas
mesin lebih besar dari
bawaan pabrik akan
memperbaiki prestasi
motor, karena kamu
bisa memperoleh lebih
banyak debit gas yang
terbakar dalam setiap
putaran mesin, masuk
akal bukan … Caranya
hanya ada dua :
Melesakkan piston
dengan diameter lebih
besar, atau
memanjangkan langkah
ayun piston dengan
menggeser big end
lebih maju atau
mengganti dengan pen
stroker aftermarket
yang umum dijual di
pasaran.
Meningkatkan Rasio –
Rasio Kompresi yang
lebih tinggi pasti
memproduksi tenaga
lebih, sedikit atau
banyak. Semakin kamu
padatkan campuran
udara/bahan bakar ,
semakin cepat
campuran ini
menyembur menjadi api
secara spontan, namun
tentunya harus
diimbangi dengan oktan
bahan bakar yang pas
untuk mencegah
pembakaran dini. Ini
jawaban kenapa mesin
motor balap road-race,
atau drag yang diliput
di tabloid-majalah
umumnya memakai
bahan bakar ber oktan
tinggi – karena mesin
mereka memakai rasio
kompresi lebih tinggi
untuk mendapatkan
tenaga. Lantas caranya
bagaimana, ada banyak
cara. Mulai dari
memapas kop atau
cylinder head, blok,
meninggikan dome
piston, atau
mempersempit kubah
ruang bakar hingga
menyerupai bak mandi
orang kaya (bathtub
maksudnya) kalok yang
belum tau bathtub …
sama… hahahahah
soalnya di rumah
adanya emberrrr Atau
bisa juga dengan
menggabungkan
berbagai metoda itu.
Mudahkan udara
mengalir masuk –
Ketika piston meluncur
mundur atau turun
pada langkah hisap,
hambatan udara dapat
merampok pundi-pundi
tenaga dari mesin.
Hambatan udara bisa
dikurangi dengan
modifikasi serius,
karena kesalahan bisa
berakibat fatal,
melakukan modifikasi
pada saluran
pemasukan silinder
atau seringkali disebut
Porting, selain
memperbesar
volumenya, pun harus
memperhatikan
geometri porting agar
lebih terarah dan aliran
udara menjadi lembut.
Teknik lain yang
mampu mengurangi
hambatan secara drastis
adalah konfigurasi multi
klep masuk atau
menempatkan 2 klep
masuk dalam sebuah
silinder. Dan intake
manifold yang halus
layaknya manifold koso
yang mahal tentu
sangat bagus
melancarkan aliran
udara/bahan bakar
yang ingin masuk ke
porting. membuka filter
udara adalah cara yang
paling mudah
Bathtub Cylinder Head
by. RAT
Lepaskan gas buang
denga bebas keluar –
Jika hambatan udara
membuat gas keluar
dari silinder, ini akan
mengambil tenaga
mesin. Sama seperti kita
jika susah BAB,
hahahha… sama gak
sih?! Cara
memperlancar gas
buang gimana? Apa
pasang knalpot free
flow? Itu satu cara,
urutan pelepasan gas
buang tentu dari klep
exhaust. Dengan
memperbesar atau head
yang memakai dua klep
buang secara cepat
akan mampu melepas
gas sisa pembakaran
dari dalam silinder.
Memperbaiki porting
buang, seperti kata
pepatah Graham Bell ”
Kalok gak seukuran 100
% diameter klep – maka
belum racing namanya”
hehehe… Yang halus
lebih baik. Kalau perlu
mengkilat seperti kaca.
Kalau perlu, lho … Jika
pipa knalpot terlalu
keciiilll … seperti
bawaan pabrik, atau
muffler memiliki banyak
sekat akan membuat
efek tendangan balik
semakin besar. Knalpot
performa tinggi
memakai rangakaian
pipa header yang lebih
besar, dan pipa
belakang yang semakin
membesar, dan muffler
free flow yang akan
mengusir kotoran jauh-
jauh dari dalam silinder.
Penyakit kok dipelihara
dalam perut … Jika
kamu mendengar
knalpot free-flow, maka
tujuan memakai
knalpot itu adalah
meningkatkan tenaga
mesinnya.
Muffler Racing
Buat semuanya ringan –
Part yang lebih ringan
membantu mesin
bekerja lebih baik.
Setiap piston berubah
arah, pasti memerlukan
energy untuk berhenti
dan memulai ke arah
yang lain. Piston yang
lebih ringan
mengurangi pemakaian
energy ini. Mengurangi
beban gesekan,
mengurangi beban
rotasi, semua hal ini
apa yang disebut
meningkatkan efisiensi
mekanis.
Injection – Sistem
kontrol campuran
bahan bakar secara
elektronis melalui
injector akan
memberikan keakuratan
tingkat tinggi pada
setiap derajat langkah
piston dan kepastian
debit yang dibutuhkan
sesuai beban mesin.
Oleh karenanya
teknologi ini
meningkatkan performa
dan pemakaian bahan-
bakar yang lebih
ekonomis. Jadi,
mengapa mengganti
injeksi dengan
karburator jika ingin
meningkatkan tenaga
motor?

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda